Al Qur'an

Anjuran Membaca Al Qur’an dengan Tartil

Hendaknya membaca Al Qur’an dengan tartil. Para ulama sepakat akan dianjurkannya hal itu.

Allah Ta’ala berfirman:

“Bacalah Al Qur’an itu dengan tartil.” (Qs. Muzzammil [73]: 4)

Diriwayatkan dari Ummu Salamah ra. bahwa ia mendeskripsikan bacaan Al Qur’an Nabi saw sebagai bacaan yang jelas huruf per hurufnya. (HR. Abu Dawud [II/154] no.1466)

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra., ia berkata: “Aku lebih suka membaca satu surah dengan tartil dari pada membaca Al Qur’an secara keseluruhan.”

Mujahid pernah ditanya perihal dua orang: salah satunya membaca surah Al Baqarah dan Ali ‘Imran dalam shalat dan yang satu lagi membaca surah Al Baqarah saja, sedangkan lama waktu membaca surah sama seperti seperti lama waktu rukuknya, sujudnya, dan duduknya. Ia menjawab: “Orang yang membaca surah Al Baqarah saja lebih afdhal.”

Ada juga larangan membaca Al Qur’an dengan sangat cepat, yang biasa disebut hadz (qira’ah dengan bacaan yang cepat dan sering waqaf).

Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud ra. bahwa seseorang berkata padanya: “Sesungguhnya aku membaca surah mufashal dalam satu raka’at.” Abdullah menimpali: “Dengan bacaan cepat seperti bacaan sya’ir? Sungguh ada orang yang membaca Al Qur’an sedangkan bacaan mereka tidak melampaui tulang selangkangan mereka (maksudnya, amalan bacaan Al Qur’an mereka tidak diangkat dan diterima oleh Allah hingga seakan-akan hanya sampai dikerongkongan mereka saja. Dalam riwayat lain: mereka tidak mengetahui isi Al Qur’an dan tidak diberi pahala atas bacaannya hingga tiada yang didapat selain qira’ah saja). Akan tetapi Al Qur’an hanya akan bermanfaat bila mempengaruhi hatu lalu tertanam di dalamnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Para ulama berkata: “Bacaan tartil itu mustahab untuk tadabbur atau yang lainnya.”

Mereka berkata: “Oleh karena itu, bacaan tartildianjurkan bagi orang Non arab yang tidak memahami maknanya karena hal itu menghormati dan memuliakan Al Qur’an, serta lebih memengaruhi hati.”

Kredit: Online Tajwid

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: