Al Qur'an

Rekomendasi Qari’

Beberapa Qari yang direkomendasikan untuk berlatih dalam memperbaiki tajwid, baik dari sisi Makharijul Huruf, Shifatul Huruf, atau penerapan dari kaidah dan hukum tajwid:

Syaikh DR.Ayman Rusydi Suwaid

Syaikh Mahmud Khalil Al-Hushary

Syaikh Abullah Bashfar edisi Mujawwad

Syaikh Abdullah Bashfar edisi Murattal

Syaikh Abdul Basith Abdush Shamad

Syaikh Khalid Al-Muhanna

Syaikh Ali Abdurrahman Al-Hudzayfi

Syaikh Ibrahim Al-Akhdhar

Syaikh Sahl Yasin

Perhatian: Beberapa Qari membaca menggunakan jalur Thayyibah dengan Qashrul Munfashil (membaca mad jaiz munfashil dengan dua harakat). Hendaknya kita memahami dulu kaidah-kaidah yang ada pada jalur tersebut agar tidak terjatuh pada pencampuradukan jalur dalam membaca Al-Quran.

Adapun dalam jalur Syathibiyah (yang merupakan jalur yang banyak dipraktikan) membaca mad jaiz munfashil sama dengan mad wajib muttashil, yakni 4 atau 5 harakat (dipilih salah satu). Berdasarkan kaidah jalur inilah mushaf standar internasional (mushaf madinah) dicetak.

Qari yang easy listening (berirama) tapi masih terlihat menjaga hukum-hukum tajwidnya:

Syaikh Khalifah Ath-Thunaiji

Syaikh Mishary Rashed Al-Afasi

Perhatian: bagi ikhwan dan akhawat fillaah sekalian, bagi yang ingin mendengarkan bacaan Qari yang berirama indah, mohon jangan sampai terbawa langgam namun melupakan kaidah tajwid. Pahami dan praktikan tajwid dulu, sebelum membaca dengan banyak langgam.

Kami tidak berkata bahwa para Qari selain yang disebutkan di atas tidak baik, kami melihat dari sisi penampakkan kaidah-kaidah tajwid sehingga mudah untuk dipelajari, khususnya bagi para pemula.

Ingat bahwasanya membaca dengan tajwid adalah kewajiban, sedangkan membaca dengan langgam adalah keindahan (hukumnya maksimal sunnah).

sumber: Online Tajwid

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: