Program Hamil

Apa yang menyebabkan ovulasi di tubuh wanita?

Muslimah, indung telur adalah organ berbentuk almond yang mengagumkan. Organ ini menghasilkan folikel sel telur sebagai persiapan untuk ovulasi. Tiap siklus, hormon yang menstimulasi folikel mendorong perkembangan sekitar 5 sampai 12 folikel. Folikel yang paling dominan terlepas saat ovulasi.

Folikel yang tumbuh memproduksi estrogen. Sebagai akibat tingkat estrogen yang tinggi di darah, Luteinizing Hormone (LH) memicu ovulasi di tubuh. Ovulasi terjadi sekitar 12-24 jam setelah dorongan LH, ketika folikel yang matang memancar melalui dinding indung telur.

Bila sperma menunggu sel telur, atau bila Anda berhubungan badan di saat ini, Anda sangat mungkin bisa hamil. Pada 90 persen wanita, panjang siklus bisa bervariasi dari 23 sampai 35 hari, dengan ovulasi terjadi di pertengahan siklus.

Faktor lain seperti stres bisa menyebabkan ovulasi tertunda, hingga di minggu ketiga atau keempat. Tapi, cara dokter menghitung tanggal perkiraan kelahiran adalah dengan mengasumsikan ovulasi di hari 14 dari 28 hari siklus.

Anda bisa tahu kenapa tanggal prediksi melahirkan tidak selalu akurat. Tidak tiap wanita punya siklus 28 hari, tidak berovulasi di hari 14. Siklus menstruasi yang sehat dan normal panjangnya harus sekitar 26 sampai 32  hari. Cari tahu tentang siklus menstruasi yang sehat dan kapan Anda perlu bantuan bila mengalami masalah.

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: