Program Hamil

Apakah wanita berovulasi setiap bulan?

Muslimah, untuk dapat memiliki kesempatan hamil yang lebih besar seorang wanita harus mengalami ovulasi terlebih dahulu. Namun ternyata tidak semua wanita berovulasi setiap bulan. Bila indung telur tidak memproduksi folikel yang matang, ovulasi tidak terjadi. Ini disebut siklus menstruasi anovulasi. Endometrium (lapisan di rahim yang terbentuk sebagai persiapan kehamilan) berkembang seperti biasa tapi tidak ada sel telur yang terlepas.

Sebagian kecil wanita melepas dua atau lebih sel telur dalam periode 24 jam. Tidak mungkin terlepas sel telur lebih banyak setelah waktu ini, karena perubahan hormonal di tubuh. Setelah sel telur difertilisasi, hormon akan mencegah sel telur lain terlepas, untuk melindungi dan menjaga kehamilan.

Oleh karena itu agar Anda dapat memiliki kesempatan hamil yang lebih besar, Anda harus berhubungan intim selama satu sampai dua hari sebelum proses ovulasi berlangsung. Hal ini dilakukan karena sperma dapat hidup selama dua sampai tiga hari, tetapi sel telur hanya dapat bertahan tidak lebih dari 24 jam setelah ovulasi terjadi. Proses ovulasi itu sendiri terjadi 12 sampai 16 hari dari periode menstruasi berlangsung. Coba gunakan kalkulator ovulasi untuk membantu Bunda mengetahui periode ovulasi.

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: