Program Hamil

Resiko Kafein pada Wanita

Muslimah, banyak yang mengatakan jika kafein dapat mempengaruhi kesuburan wanita. Namun faktanya hal ini pun masih jadi perdebatan dikalangan Ahli. Ada penelitian yang menyatakan bahwa mengkonsumsi kafein ada pengaruhnya terhadap kesempatan Anda untuk hamil, tapi ada pula yang tak setuju dengan penelitian tersebut. Jadi kita harus bagaimana? Kita harus mengurangi kebiasaan mengopi, atau tidak?

The National Infertility Association, asosiasi yang berfokus menangani permasalahan kesuburan berpendapat bahwa para wanita harus waspada dengan kafein. Penelitian yang mereka lakukan menunjukan bahwa kafein yang di uji cobakan pada hewan mempengaruhi kematangan telur nya dalam rahim. Bila telur masih belum matang tentu telur tidak akan dapat dibuahi. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kemungkinan hamil hewan tersebut. Namun hasil penelitian ini bisa jadi berbeda pada manusia, bila konsumsi kafein tidak berlebihan dan sekadarnya. Jadi untuk menghindari kemungkinan adanya permasalahan kesuburan, saran saya lebih baik mulai kurangi asupan kafein Anda. Apalagi jika Anda tengah menghadapi masalah kesuburan, kurangi dan bijaklah dalam mengkonsumsi kafein.

Para ahli setuju bahwa batas aman mengkonsumsi kafein dalam sehari yaitu tidak lebih dari 300 mg atau sekitar 16 oz (480ml) di setiap sajiannya. Namun peneliti lain berpendapat bahwa 200 mg atau lebih kafein yang Anda konsumsi setiap harinya dapat meningkatkan resiko keguguran pada ibu hamil. Hal ini senada dengan apa yang dikatakan oleh The American Congress of Obstetricians and Gynecologists bahwa mengkonsumsi kafein kurang dari 200 mg tiap harinya masih dalam batas aman dan tidak beresiko meningkatkan kemungkinan keguguran pada wanita.

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: